Pages - Menu

Sabtu, 20 November 2010

Sistem Grafik Komputer


Sistem Grafik Komputer

Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer

• Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
• Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
• Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior  objek bergantung waktu .


 Kerangka Grafik Komputer
    Interaktif

  •  Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware Graphics System)
•  Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
•  Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
•  Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.



                                                     Pemodelan Geometris

•  Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
- Shape/bentuk
- Posisi
- Orientasi  (cara pandang)
- Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna,
    tekstur)
- Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric
    (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
- Dan lain-lain …

•  Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari
    segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi
    polynomial tingkat rendah.
- CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan
    operasi boolean pada bentuk yang primitif.



 Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
GEOMETRI
 

























 
 
 Pemrosesan Citra untuk
Ditampilkan di Layar 



Hardware Display Grafik : Vektor 


 
 
 
 Koordinat Sistem


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 




Tidak ada komentar: