Sistem Grafik Komputer
Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
• Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
• Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
• Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu .
Kerangka Grafik Komputer
Interaktif
Interaktif
• Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware Graphics System)
• Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
• Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
• Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
• Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
- Shape/bentuk
- Posisi
- Orientasi (cara pandang)
- Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna,
tekstur)
- Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric
(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
- Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
- Dan lain-lain …
• Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
- Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari
segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
- Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi
polynomial tingkat rendah.
- CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan
operasi boolean pada bentuk yang primitif.
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
GEOMETRI
GEOMETRI
Pemrosesan Citra untuk
Ditampilkan di Layar
Ditampilkan di Layar
Hardware Display Grafik : Vektor
Koordinat Sistem
Tidak ada komentar:
Posting Komentar